5 Macam Investasi Modal Kecil

Di masa modern seperti sekarang ini, yang bekerja bukan hanya manusia saja melainkan juga uang. Ya, investasi adalah salah satu cara “memperkerjakan” uang agar jumlahnya meningkat atau menjadi berkali-kali lipat. Namun, sebagai pemula kamu tahu pasti mencari investasi modal kecil bukan?


Macam-macam Investasi Modal Kecil

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa ada banyak sekali macam-macam investasi dengan modal yang sangat kecil. Ingin tahu apa saja? Simak semuanya di bawah ini:

1.      Reksadana

Investasi dengan modal kecil yang pertama adalah Reksadana. Ada banyak sekali jenis Reksadana namun secara keseluruhan bisa digunakan dengan menggunakan modal yang kecil. Bahkan kini banyak sekali aplikasi HP yang menawarkan investasi Reksadana dengan mudah dan murah,

Bahkan Anda bisa memulai investasi dengan uang Rp100 ribu saja. Ada juga yang memberikan keleluasaan untuk berinvestasi apa saja. Reksadana ini sangat digemari para pemuda yang hanya memiliki yang sedikit namun juga ingin melakukan investasi untuk bekal di masa depan. Apakah Anda juga tertarik?

2.      Tabungan Emas

Investasi dengan modal yang kecil selanjutnya adalah dengan menabung emas. Apa itu menabung emas? Tabungan emas merupakan salah satu produk dari Pegadaian yang memberikan akses kepada masyarakat untuk bisa membeli emas dengan nominal yang kecil.

Jadi, Anda tak perlu membeli emas satu gram atau hitungan umum lainnya. Anda bahkan bisa membeli emas dengan uang Rp50 ribu saja. Ya, Anda bisa membeli dengan nominal yang kecil.

Emas yang Anda beli tidak diberikan dalam bentuk emas melainkan dalam bentuk angka yang ada di aplikasi. Anda sudah menabung emas di Pegadaian. Tabung sedikit demi sedikit maka akhirnya juga akan menjadi bukit.

Uang yang biasanya habis untuk membeli berbagai hal bisa lebih bermanfaat ketika disimpan di sana. Anda bisa menjual dan membeli lagi namun jika niatnya untuk tabungan maka biasanya hanya membeli saja bukan?

3.      Deposito

Deposito juga sangat digemari banyak orang karena modalnya kecil. Deposito sendiri merupakan salah satu produk bank berupa tabungan yang bisa diambil setelah tanggal jatuh tempo.

Berbeda dengan tabungan yang lainnya bahwa deposito sendiri sering digunakan sebagai produk investasi. Bunga yang didapatkan dari tabungan inilah yang disebut dengan deposito. Anda bisa mendapatkan bunga deposito dalam jumlah yang banyak jika semakin lama.

Untuk waktu jatuh tempo biasanya dihitung mulai dari satu, tiga, enam, hingga 24 bulan lamanya. Namun, keuntungan biasanya didapatkan dan tidak begitu mengecewakan. Apalagi jika perkembangannya bisa Anda pantai melalui aplikasi bank yang Anda gunakan.

4.      Asuransi Kesehatan

Investasi bukan hanya soal uang yang banyak melainkan juga tubuh yang sehat. Inilah mengapa Anda harus mulai berinvestasi dengan asuransi kesehatan. Tubuh yang sakit sudah pasti akan menyebabkan kesusahan baik diri sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu, sebaiknya asuransikan kesehatan Anda. Bahkan untuk melakukan asuransi ini Anda bisa memulainya dengan Rp35 ribu saja per bulan. Banyak asuransi yang memberikan jaminan kesehatan sekaligus santunan jika si pemilik asuransi kesehatan tersebut telah meninggal dunia.

5.      P2P Lending

Investasi dengan modal kecil yang terakhir adalah P2P Lending Indonesia. Peer to Peer Lending Indonesia ini tak hanya membantu para investor melainkan juga membantu para pengusaha yang masih kecil. Ya, semacam simbiosis mutualisme.

Bagaimana tidak? Anda bisa menanamkan modal kepada UMKM melalui pihak ketiga yaitu P2P Lending. Kemudian uang akan disalurkan kepada para UMKM dalam bentuk utang. Nantinya UMKM akan membayar utang secara bertahap. UMKM juga harus membayar bunga.

Nantinya bunga yang dibentuk akan sangat banyak sehingga inilah yang menjadi keuntungan. Namun, karena ada investor yang bergabung maka keuntungan tersebut juga dibagi sesuai dengan persen uang modalnya. Investor bisa memulainya dengan modal Rp100 ribu saja.

Itulah dia beberapa macam investasi yang bisa Anda pilih menggunakan modal kecil saja. Kini siapa pun tak akan pernah takut memulai investasi karena sangat amat menguntungkan. Anda bisa memulai dengan investasi jangka pendek kemudian ke jangka panjang.

Post a Comment

0 Comments