Arti dari Pentingnya Niat Puasa Ramadhan

Niat puasa Ramadhan menjadi pembuka aktivitas beribadah sehari penuh yang pasti terasa sangat melelahkan. Niat ini gunanya untuk memberikan motivasi secara sadar dan tidak sadar, agar iman tidak turun ketika berpuasa.


  1. Wajib Dilakukan

Niat adalah suatu kewajiban yang menyertai sebuah aktivitas sebelum hal tersebut mulai untuk dilakukan. Dalam konteks berpuasa, niat menjadi wajib karena masuk kedalam salah satu fardhu yang harus dilakukan.

  1. Salah Satu Syarat Sah Puasa

Syarat sah untuk melakukan puasa adalah niat puasa Ramadhan dimana jika tidak membaca, maka puas tidak sah. Jika Anda lupa membaca niat, puasa Anda dinilai tidak sah dan harus mengulanginya lagi.

  1. Membuat Sah Puasa

Karena termasuk ke dalam syarat sah dan wajib hukumnya untuk membaca niat sebelum berpuasa. Sehingga ketika tidak melakukan niat, apalagi tidak melakukan sahur batal sudah puasa Anda dan tidak sah.

  1. Memperkuat Keimanan

Karena sejak awal telah dijelaskan bahwa niat ibarat gerbang pembuka untuk segala hal yang akan dilakukan. Niat juga bisa dijadikan sebagai benteng untuk mempertebal keimanan agar tidak mudah goyah.

Dalam hal ini, niat berpuasa mencegah seseorang dari hal-hal yang bisa membuatnya tergoda setan. Dan membuat puasanya tidak sah atau batal, niat membentengi diri dari perbuatan tersebut.

  1. Sebagai Motivasi Diri Berpuasa

Ketika sudah berniat dalam hati, maka Anda akan melakukan sesuatu dengan lebih bersemangat lagi karena termotivasi. Niat membantu Anda untuk memotivasi diri dan mengurangi resiko menyerah dalam melakukan ibadah puasa.

  1. Menambah Pahala

Tentunya jika sedari awal niat yang kita lakukan sudah benar, maka puasa yangn kita laksanakan juga akan baik-baik saja. Ibadah yang dilaksanakan dengan baik pastinya akan mendapat balasan pahala yang setimpal dengan yang dikerjakan.

Itulah tadi beberapa poin akan pentingnya niat puasa Ramadhan, manfaat dan keunggulan yang bisa diambil dari niat. Niat memang penting karena menjadi awalan untuk langkah ke depan ketika melakukan sesuatu, tak hanya puasa.

Post a Comment

0 Comments