Pilihan Investasi Modal Kecil, Cocok Untuk Pemula!

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai sebuah investasi? Bisa dikatakan bahwa saat ini, tren investasi cenderung cukup meningkat dan menjadi sebuah jalan untuk mendapatkan keuntungan dengan lebih mudah. Nah, khusus untuk pemula, ada cukup banyak ide investasi modal kecil yang bisa dijadikan opsi.



Tentu, dengan adanya beragam ide investasi dengan modal kecil tersebut, Anda nantinya bisa melakukan investasi dengan lebih mudah. Sebagaimana yang diketahui, modal menjadi elemen yang sangat penting dan cukup sering menjadi masalah ketika seseorang hendak memulai sebuah investasi.

Lantas, apa saja ide investasi yang bisa dijalankan dengan modal kecil tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Instrumen Investasi Modal Kecil

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak instrumen investasi yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Tentu saja, dengan modal yang tidak terlalu besar, maka Anda bisa menjalankan investasi tersebut dengan lebih mudah dan tidak memiliki masalah terkait pengadaan modal tersebut.

Adapun beberapa instrumen investasi yang bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Reksa dana

Berbincang tentang investasi dengan modal kecil, maka reksa dana adalah salah satu pilihan yang paling tepat. Jenis investasi ini selain tidak memerlukan modal besar, juga sangat mudah dijalankan.

Anda hanya perlu menanamkan modal pada perusahaan tertentu. Nah, nantinya, modal tersebut akan dikelola secara profesional oleh manajer investasi. Tentu saja, Anda akan mendapatkan keuntungan dari margin yang didapatkan.

Untuk memulai investasi reksa dana, modal yang diperlukan bisa dikatakan sangat minim. Anda bisa memulai sebuah investasi yang terpercaya bahkan dengan modal sekitar Rp 50.000 saja. Sangat minim, bukan?

2)      Deposito berjangka

Pilihan lain untuk investasi dengan modal kecil lain yang menarik adalah deposito berjangka. Ini adalah ide investasi yang cukup populer karena selain modal yang minum, juga keamanannya yang terjamin.

Sebagaimana diketahui, selalu ada faktor risiko dalam sebuah investasi yang dijalankan. Namun, dengan deposito berjangka, risiko tersebut cenderung lebih minimal.

Nah, untuk melakukan investasi ini, Anda hanya perlu menyetorkan dana. Nantinya, Anda akan mendapatkan profit share sesuai dengan aturan yang berlaku. Keuntungan umumnya adalah 5% dari modal dan diberikan setiap tahun.

3)      Saham

Saham juga termasuk salah satu ide investasi yang bisa dijalankan dengan modal yang cenderung minim. Hal ini dikarenakan adanya kebebasan bagi setiap investor untuk membeli saham sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Selain bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil, saham juga memberikan keuntungan yang cukup besar. Hanya saja. Anda memang harus mempelajari seluk beluk tentang saham agar nantinya bisa menerapkan strategi investasi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

4)      Asuransi jiwa

Jenis investasi yang bisa dijalankan dengan modal kecil dan cocok untuk pemula adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri adalah produk asuransi yang memberikan manfaat berupa perlindungan dengan premi yang cenderung rendah.

Nah, jenis asuransi ini akan memberikan keuntungan berupa beragam layanan kesehatan hingga adanya asuransi kematian dan juga investasi yang ditawarkan. Layanan ini memang menarik, namun Anda tentu saja harus mempelajari beragam hal tentang asuransi jiwa yang ditawarkan tersebut.

5)      Emas

Emas juga bisa menjadi opsi untuk investasi dengan modal kecil. Pasalnya, Anda bebas membeli emas berapa saja sesuai dengan dana yang dimiliki. Bahkan, saat ini, sudah banyak tersedia mini gold dengan harga puluhan ribu saja.

Bisa dikatakan bahwa emas termasuk ide investasi yang cukup menarik. Harga emas yang senantiasa stabil dan cenderung naik menjadi salah satu faktor. Hanya saja, emas cenderung lebih cocok untuk ide investasi jangka panjang.

Nah, beberapa poin di atas adalah ragam investasi yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih peer to peer lending sebagai ide untuk melakukan investasi.

Perlu diketahui bahwa peer to peer lending adalah skema pembayaran yang mempertemukan pihak investor dengan pihak peminjam. Anda bisa bertindak sebagai pihak investor di mana nantinya akan mendapatkan pengembalian dengan keuntungan yang lebih besar.

Deskripsi: investasi modal kecil sangat cocok untuk pemula. Ada cukup banyak instrumen investasi modal kecil yang bisa dipilih untuk memulai investasi tersebut.

Post a Comment

0 Comments